Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya. || Jam Besuk (Siang : 10.00 WIB - 12.00 WIB) (Malam : 17.00 WIB - 21.00 WIB)

Logo

phone (0536) 3244 802

24 jam (Emergency)

Tentang Kami

Dengan Staff yang berkualitas dalam pelayanan kami

Melayani dengan hati


Tim Medis Bencana Diterjunkan


Tim medis bencana Rumah Sakit Islam (RSI) PKU Muhammadiyah Palangka Raya, diterjunkan dalam bencana kebakaran di laboratorium Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP).

Dilaporkan 125 orang mahasiswa terkena luka berat dan luka ringan. Tim medis bencana dan para pihak dalam penanggulangan bencana di Palangka Raya segera bertindak mengatasi kondisi tersebut dengan kendali pusat komando di RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya. Demikian skenario dalam geladi posko yang dilaksanakan di Aula Utama UMPR, Sabtu (16/12).

Menurut Direktur Geladi Posko Budi Santoso, kegiatan ini merupakan bagian dari program Kesiapsiagaan Rumah Sakit dan Kesiapan Masyarakat untuk Kedaruratan dan Bencana (HPCRED) yang ditujukan memperkuat kapasitas RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya dan masyarakat di sekitar rumah sakit, tepatnya di Kelurahan Langkai dan Menteng, Palangka Raya.

“Geladi posko yang diselenggarakan pada hari kedua ini untuk menguji sistem penanganan respon bencana dengan skenario kebakaran di luar rumah sakit. Diharapkan melalui geladi posko ini, dapat meningkatkan kemampuan Tim Medis Bencana yang dimiliki RS PKU Muhammadiyah Palangka Raya dalam menyusun rencana operasi dan mengkoordinasikannya dengan instansi lain dalam situasi darurat,”terangnya.

Diungkapkan, kegiatan ini sekaligus menguji dokumen rencana penanggulangan kedaruratan bencana rumah sakit dan rencana kontingensi yang telah disusun oleh RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya beserta dengan para pihak penanggulangan bencana.

“Sama seperti hari pertama peserta geladi posko diikuti oleh Tim Medis Bencana RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya, Sistem Komando Pengendali RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya, PWM Kalteng, MDMC PWM Kalteng, Dinas Kesehatan (Dinkes) Palangka Raya dan Provinsi Kalteng, BPBD Kota Palangka Raya Provinsi Kalteng PMI, Polsek Pahandut, PLN Kota Palangka Raya, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya, dan RS TNI Palangka Raya. Kegiatan kali ini dibuka langsung oleh Direktorat Kesiapsiagaan BNPB Ir Medi Herlianto,”pungkas Budi. (ari/B5/ila/iha)

Sumber : http://kalteng.prokal.co