Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya. || Jam Besuk (Siang : 10.00 WIB - 12.00 WIB) (Malam : 17.00 WIB - 21.00 WIB)

Logo

phone (0536) 3244 802

24 jam (Emergency)

Tentang Kami

Berbekal Ilmu dan Hati Menuju Ridho Ilahi




sejarah.jpg


Sejarah Pendirian Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya

Latar Belakang Pendirian 

Bahwa pada dasarnya pembangunan kesehatan adalah penyelenggaraan upaya kesehatan, merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai makhluk Allah SWT dimuka bumi secara maksimal.Pembangunan kesehatan tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab masyarakat, termasuk usaha swasta, baik berbentuk organisasi, yayasan maupun perorangan.

Perkembangan rumah sakit disuatu daerah sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduk di daerah yang bersangkutan. Semakin banyak jumlah penduduknya, maka kebutuhan masyarakat terhadap jasa rumah sakit juga akan semakin meningkat.

Pembangunan dan penyelenggaraan Rumah Sakit  Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya merupakan salah satu wujud dan bentuk tanggung jawab untuk turut serta dalam tugas meningkatkan derajat  kesehatan masyarakat yang optimal, dan merupakan amal usaha Muhammadiyah sebagai perwujudan dari amal shalih serta sarana ibadah yang dilandasi iman dan taqwa kepada Allah SWT, memikul tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh  masyarakat di Kalimantan Tengah.

Sejarah Pendirian
Rumah sakit islam PKU muhammadiyah Palangka Raya yang terletak di jalan RTA. Milono km. 2,5 Palangka Raya, perkembangan dan pembangunannya diawali dari poliklinik umum, BKIA dan Rumah bersalin, dengan surat ijin kepala dinas Kesehatan Provinsi kalimantan tengah Nomor 466/BYK-IV/III-2003 tanggal 03 maret 2003.

Rumah sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya dibangun diatas tanah seluas 6000 m2, dengan luas bangunan antara 2.900-3.000 m2.

Pembangunan rumah sakit ini dicetuskan oleh tokoh Muhammadiyah Kalimantan Tengah yaitu Bapak Drs. H. Saiful Fadhlani G., pada saati itu sebagai ketua PW Muhammadiyah Kalimantan tengah, dengan harapan dapat melayani masyarakat Kalimantan Tengah di bidang kesehatan.

Peletakan batu pertama pembangunan Rumah sakit islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya dilakukan pada tahun 2004 oleh bapak Tarmidzi Taher mantan Mentri Agama, didampingi Gubernur Kalimantan Tengah waktu itu Bapak Drs. H. Asmawi Agani. Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya ini dibangun sebagai salah satu upaya PW Muhammadiyah Kalimantan Tengah membantu pemerintah dibidang kesehatan serta kepada masyarakat untuk memperoleh dan mendapatkan layanan kesehatan.

Sejak tanggal 3 juli 2009 Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya mulai operasional, khususnya untuk rawat jalan IGD 24 jam, karena masoh terkendala terbatasnya pasokan listrik. Namun seiring dengan dibangunnya jaringan distribusi SUTM, SUTR, Transformator dan kelengkapannya dengan daya 147 KVA/ 147.000 VA, dan ditunjang 2 (dua) buah mesin diesel berkekuatan 80 KVA dan 100 KVA, maka sejak pertengahan bulan desember 2009 telah dimulai menerima pasien rawat inap dan pelayanan kesehatan lainnya.

Selanjutnya pada tanggal 18 januari 2010 dilakukan grand opening rumah sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Bapak Prof. Dr. H.M Din Syamsuddin, M.A. ditandai dengan penandatanganan Prasasti.